Minggu, 14 November 2021

Pengalaman Ikut Tahapan Recruitment Selama Menjadi Jobseeker Part 4!


1.    British Tobacco Indonesia - Global Graduate Program 

Di tahun 2020, aku pernah apply untuk posisi ini tapi gagal di CV dan ditahun 2021, aku apply lagi dan lolos. Kesalahanku adalah aku nunda ngerjain tesnya karena aku sibuk mau keluar kota. Aku dapet e-mail yang isinya aku gagal karena sampai waktu yang ditentukan belum juga ngerjain. Disini aku nyesel banget dan aku tetep nyoba buat ngerjain tapi namanya juga system, setelah aku selesai ngerjain tetep aja tes yang aku kerjain gak akan dicek dan aku udah gagal. 

2.    Toyota Manufacturing Indonesia – Management Trainee

Aku apply via website dan dapet undangan psikotes dari pihak ketiga. Soal psikotesnya sama kaya soal psikotes pada umumnya ya, dan ya aku gagal. Gagal gak akan dikabarin via e-mail.

3.    Accenture – Accenture Graduate Opportunities

Aku apply disalah satu website job portal Namanya upgrad.id. Tesnya Accenture seru modelnya permainan kaya Nestle atau P&G gamenya. Aku gagal karena gak ada e-mail tahap selanjutnya. 

4.    Allen n Overy

Aku apply via Linkedin dan diarahin ke website mereka. Setelah daftar kita dikasih kesempatan buat ngerjain soal. Soalnya itu tentang situasi di law firm dan kita wajib pilih salah satu sikap yang bakal kamu lakuin. Aku gagal ditahap ini dan dapat e-mail.  

5.    Alumak – KYC Intern

Aku daftar di Tech in Asia. Tahap 1 mengerjakan soal psikotes, dan aku lolos. Untuk tahap ke dua mengerjakan soal juga tapi tentang kasus gitu. Aku gagal disini karena soalnya cukup susah buat aku. Oh iya, kalau gak lolos akan dikabarin. 

6.    Indosat – Internship

Aku daftar via Ambiz. Psikotesnya pakai Bahasa inggris, seperti psikotes pada umumnya tapi yang cukup susah itu video interviewnya. Buat Bahasa inggris level menengah, susah buat aku nyusun Bahasa inggris secara cepat dan soalnya juga susah dimengerti.

7.    Indofood – Admin Sales

Aku apply di website Indofood untuk anak perusahaannya posisi admin sales. Ini prosesnya cepet sih sehari setelah aku apply, aku dihubungi via whatsapp. Aku dihubungi via chat oleh HRD dan beliau tanya lokasi sama kemampuanku. Setelah itu HRDnya Cuma nge read aja sih antara jawabanku yang terlalu jujur atau factor lokasi domisili.

8.    Kawan Lama – Management Trainee

Aku apply ini dari 2020 diwebsite kawanlama group untuk posisi MT. Setelah daftar kalian bakal diarahin buat ngerjain psikotes, setelah itu kalian gak bisa apply posisi lain ya. Disini aku gak dapet panggilan sama sekali, sampai lowongannya expired. Setelah itu aku apply posisi lain, ternyata hasil psikotes yang dipakai psikotes yang sebelumnya.

Nah di 2021. Aku sempet apply via jobstreet dan dapet respon dari HRDnya. Aku diarahin untuk apply via Website kawanlama. Ternyata, satu ktp cuma bisa buat satu e-mail. Jadi melayang deh kesempatannya.~~~

9.    Nusantara Sakti - MT

Aku apply via Jobstreet. Untuk nusantara sakti aku udah dapet undangan psikotes 2x tapi aku cuma ngerjain tesnya sekali karena gak sempet. Untuk soal psikotesnya cukup banyak yaa dan tentang deret angka, deret gambar, kubur memutar, seingetku ada soal kraeplin sih. Aku gagal ditahap ini karena kelemahanku di kubus.

10. Paragon – MT/ PLDP

Dari awal aku lulus, aku udah daftar via website, klob, jobfair UB. Akhirnya aku kepanggil untuk ikut tes setelah aku apply job fair UI di Klob. Untuk tesnya sendiri pake aplikasi ya, jadi kita dikasih link buat download appnya di android. Soalnya menurut aku gampang tapi aku gak lulus HAHA. Setelah apply di Jobfair Universitas Brawijaya, aku juga dapet undangan tes, tapi ya sama gagal juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Ikut Tahapan Recruitment Selama Menjadi Jobseeker Part 4!

1.     British Tobacco Indonesia - Global Graduate Program  Di tahun 2020, aku pernah apply untuk posisi ini tapi gagal di CV dan ditahun ...