Sabtu, 13 November 2021

Pengalaman Ikut Tahapan Recruitment Selama Menjadi Jobseeker Part 1!!!!


    Halo, sebelum aku menceritakan pengalaman yang gak jelas ini aku mau perkenalan dulu. Aku lulusan Sarjana Hukum Angkatan Corona btw. Dulu aku selalu ngincer posisi Legal sampe akhirnya aku penasaran sama posisi Management Trainee. Setelah aku tau, aku jadi ngincer posisi MT dan Legal Staff ya. So mostly, tahapan yang aku ikuti untuk posisi Management Trainee/ Management Development Program dan ini dilakukan secara online. Jadi ada nilai positif dari lulusan Angkatan corona adalah gak perlu ngeluarin biaya transport ataupun penginapan. Nah yang aku bakal share adalah pengalamanku yang lolos sampai tahap tertentu ataupun yang dapat kesempatan tes psikotes. *Oh iya ini seinget aku ya, karena jujur aku terlalu sering ikut psikotes jadi lupa*

1.    Astra Virtue

Setelah aku lulus, aku daftar Astra Virtue. Ini apply di websitenya dan kebetulan aku pilih lokasi Jogja tapi sayangnya aku gak bisa hadir. Dulu belum ada kebijakan stay at home. Jadi prosesnya masih offline dan posisi yang aku pilih adalah legal intern.

2.    ADR Group – Staff legal

Sama dengan Astra, proses recruitment ini masih offline dan tahap pertama adalah psikotes. Sempet ditelpon beberapa kali sama HRDnya dan aku milih buat nolak karena gak diijinin ortu.

3.    BCA Finance- PDP

Saat daftar posisi ini aku udah tau tentang program management trainee (MT) Cuma di BCA Finance Namanya PDP. Sistem Psikotesnya online, dan aku gagal karena disitu aku emang gak belajar sama sekali di psikotes. Untuk soal psikotesnya kaya soal psikotes pada umumnya, deret angka, gambar dll. Disini kalo gak lolos, gak dikabarin ya.

4.    PT. ArtaBoga Cemerlang (Orang tua Group) - MT Sales, MT Legal

Aku dapat e-mail undangan psikotesnya secara offline di Bulan Juli 2020 dan pas itu corona masih ganas ganasnya jadi peraturannya masih ketat banget. Jadi aku menanyakan bisa gak dilakukan secara online, dan ternyata bisa. Tapi sayangnya aplikasi tesnya masih kurang bagus dibulan itu karena di google chrome, opera, Microsoft edge di kedua laptop aku gak muncul soalnya, dan baru bisa kebuka di Hp. Pas itu ada Kendala di tes kraeplin, sempet lapor ke hrdnya Cuma diblg kerjain aja sebisanya. Jadi ya udah pasrah gak lolos, karena emang bener bener gak bisa dipencet.Psikotesnya itu pertama isi data, terus fasilitas yang diinginkan, tentang perusahaan artaboga, lalu baru mulai tesnya. Untuk tesnya baik di MT Sales atau MT Legal sama aja soalnya yang terdiri dari deret angka, gambar diputar, dll. Aku 2x tes untuk MT Sales dan 1x untuk MT legal, semuanya gagal WAKAKAK. Untuk tes kedua sama ketiga, websitenya aman tanpa gangguan. Oh iya, disini kalo gak lolos, gak dikabarin ya.

5.    Sampoerna- Sampoerna Graduate Program

Untuk Sampoerna ini aku ikut dua kali ditahun 2020 dan 2021. Di tahun 2020, aku masih gak belajar dari kesalahanku dengan gak belajar psikotes sama sekali. Jadi gak lolos. Ditahun 2021, aku juga gagal lagi WKWKW. Jadi sebelum memulai tes kita bakal dikasih kesempatan buat milih bahasa dan aku terpengaruh sama orang yang blg “ Alangkah baiknya pilih Bahasa inggris. Kenapa? Karena Sampoerna adalah perusahaan multinasional jadi bakal ada nilai plus kalau pake Bahasa Inggris”. Ya, si bocah songong macam aku ini terpengaruh dan ikutan milih Bahasa inggris.

FYI Sebelum mulai ngerjain, kita mesti nyelesain soal latihannya dulu. Disaat saya mengerjakan soal Latihan pertama, disitu saya tau saya akan gagal. KENAPA? Karena saya gak tau artinya WAKAKAKAK Aku udah mencoba refresh dari awal siapa tau, bahasanya bisa diganti, ternyata gak bisa. Jadi jangan sampai kalian kaya aku yaa. Cukup aku aja yang bodoh, kalian jangan.

Waktu Psikotesnya sendiri 30 menit dan jumlah soalnya aku gak inget guys. Tapi kerjakan secepat mungkin ya. Untuk soal,gak bisa dilewati jadi tetep harus dipilih dulu baru bisa ke soal selanjutnya dan gak bisa mundur ke soal sebelumnya. Tenang, di sampoerna kalau gak lolos, dapet e-mail yaa. Kalau memang kualifikasi bagus kalian bakal dapet e-mail untuk posisi lain, dan aku dapet untuk posisi REE.

6.    Shell Graduate Program

Aku daftar ini setelah aku daftar Sampoerna ditahun 2020. Beberapa jam setelah apply, aku dapet e-mail undangan tes. Tesnya aku lupa berapa banyak tapi setelah test, kalian bakal tau strength point kalian. Untuk posisi ini tuh pengumumannya lama banget sampe akhirnya aku dapet undangan kalo posisi ini memang ditiadakan jadi e-mailnya bukan e-mail tidak lolos. 

Sementara pengalaman ini dulu baru besok aku lanjutin tahapan diperusahaan lainnya. Oh iya, buat kalian yang pengen CVnya di review, bisa dm aku di IG yaa! BYE!!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Ikut Tahapan Recruitment Selama Menjadi Jobseeker Part 4!

1.     British Tobacco Indonesia - Global Graduate Program  Di tahun 2020, aku pernah apply untuk posisi ini tapi gagal di CV dan ditahun ...