Minggu, 14 November 2021

Pengalaman Ikut Tahapan Recruitment Selama Menjadi Jobseeker Part 2!

 Setiap bulan aku selalu apply loker ya. Aku follow akun loker di Instagram seperti official Instagram perusahaan, disnakerja. Aku juga join di group Management Trainee di Telegram. Dah ah, aku lanjutin dulu ceritanya. 

1.    Danone- MT Star

Saat aku daftar di posisi ini aku tuh bener bener niat, karena kebetulan untuk MT Star dikasih kesempatan psikotes dulu tanpa review CV. Selain tes psikotes, kita juga mesti jawab pertanyaan dengan video. Aku rada lupa tapi ada dua pertanyaan. Oh iya, dikasih kesempatan buat Latihan dulu yaa. Pertanyaan maupun tesnya pake Bahasa Inggris ya. Ya, aku gagal ditahap ini karena Bahasa inggrisku gak bagus sih dan juga hasil psikotesnya kurang bagus. Tapi di akhir tes kita dikasih tau kok strength point kita dimana. Di Danone juga, kalian bakal dapet e-mail kalo gak lolos, dan e-mailnya memang cukup lama karena peminatnya banyak banget. Jadi bersabarlah dan sebarlah CV kalian keperusahaan lain.

2.    PT. Multi Bintang Indonesia - Sales Management Program

Nah Perusahaan ini tuh ada kenangan yang cukup mendalam buat aku karena ini ini pertama kalinya aku lolos psikotes dan bisa ikut FGD. Soalnya aku kadang mikir apa aku psikopat sampe psikotes gak lolos padahal ya emang akunya aja yang gak tau diri karena psikotes gak belajar sama sekali. HAHAHA

Undangan e-mailnya itu masuk spam dan udah melewati batas waktu yang ditentukan tapi untungnya dikasih perpanjangan waktu. Soalnya tuh sedikit selain yang psikotes pada umumnya, ada juga soal Bahasa inggris dari EF atau walk street gitu aku lupa. Dari soal Bahasa inggris itu keluar hasilnya yang penilaian pake huruf C1/B gitu. Untuk prosesnya sendiri di Multi Bintang cepet, dua minggu udah dikabarin lolos psikotesnya dan lanjut ke sesi perkenalan dan FGD.

Di Sesi perkenalan ini pake aplikasi MS teams. Disitu dijelasin tentang perusahaan multi bintang, serta fasilitas dan gaji yang bakal diterima. Untuk gajinya diatas UMR ya dan dapet fasilitas mobil. Oh iya produk Multi Bintang gak Cuma alcohol yaa, ada juga yang non alcohol. Aku kebetulan dapet jadwal FGD jam 13.00. FGD ini pakai Bahasa inggris dan itu isinya ada 5 peserta fgd termasuk aku, 1 HRD dan 1 User. Kita dikasih kasus buat pemecahan masalah terkait perusahaan. Disini aku gagal sih, karena emang Bahasa inggris aku jelek. Jadi kosakata yang aku tau seketika lupa semua jadi setiap ngomong selalu ketambah “…eeeeee” Oh iya disini kalo gak lolos dikabarin ya, aku kebetulan e-mail hrdnya buat nanya karena pas itu posisi aku tuh pengen banget kerja dan lolos diperusahaan ini. Tahapan di Multi Bintang yaitu CV- Test- FGD- Interview- MCU.

3.    Superindo- Private Brand Supervisor

Aku apply via website Superindo. Seinget aku, aku dapet e-mail sama sms terkait undangan tes. Tesnya sendiri pake zoom yaa dan mesti sedia hvs, pensil HB. Awalnya aku bingung karena sebelumnya aku belum pernah tes lewat zoom dan sedia pensil dan hvs. Nah ternyata tesnya kita disuruh gambar. Mulai tesnya di jam 9, dan jam 11 bakal dikabarin siapa yang lolos, Jadi kalau gak dihubungi berarti gak lolos, dan ya aku gak lolos.

4.    Mayora – MT Sales

Kebetulan aku udah pernah daftar di websitenya tapi gak pernah kepanggil dan aku dapet e-mail undangannya setelah apply di Job2go. Di mayora tes psikotesnya lebih banyak termasuk yang sinonim, deret angka, gambar diputer, gak ada kraeplin seingetku tapi ada tes yang gambar. Disini aku gak lolos, udah sempet wa hrdnya tapi gak dibales. T.T

5.    WOM – Management Trainee

Aku apply pas Job Fair di Universitas Brawijaya, Jobstreet juga. Jadi aku udah dapet undangan dari perusahaan ini dengan posisi yang sama dan untuk penempatan yang berbeda ada 4 kali dan aku Cuma ikut sekali. Jangan ditiru ya.

Nah tahap awal itu kita bakal nonton video tentang perusahaan terus kuis terkait video tersebut. Setelah itu masuk ke sesi perkenalan perusahaan, fasilitas dan gaji, pertanyaan dan tes psikotes. Kalau lolos, akan dikabarin via e-mail.

Tahap selanjutnya adalah FGD dan ini dilakukan di hari yang sama ya. Aku dapet jadwal sore jam 3. Sebelum mulai FGD, kita akan presentasi sesuai tugas yang diberi via e-mail. FGDnya tentang kasus seputar perusahaan yaa, dan disini kita diskusi, saling mengemukakan pendapat. Disini aku gagal lagi sih dan aku belum tau kesalahanku apa. Aku ngiranya karena aku gak inisiatif soalnya dari tim ku yang lolos yang inisiatif buat mulai presentasi individu sama kelompok.

6.    Coca Cola Amatil – Graduate Trainee Sales Modern Trade.

Aku apply posisi ini di Kalibrr. dan ini prosesnya perkenalan- psikotes- fgd- roleplay dihari yang sama. Lolos atau gaknya tiap tahapan dikabarin via e-mail. Untuk tes, soalnya sama kaya soal di kalibrr. Untuk FGD aku dapat jadwal jam 3 sore. FGDnya sendiri pakai Bahasa inggris yaa, dan untuk casenya sama masih terkait perusahaan. Selama FGD ini aku ngerasa pendapat aku gak didenger sama sekali sama anggota kelompokku soalnya pas aku ngasih pendapat, anggota kelompokku cuma diem terus lanjut bahas yang lain T.T, dan banyak anggota yang dominan. Akhirnya aku males buat dengerin dan ya dari 6 anggota kelompokku Cuma aku yang gak lolos. Gara gara FGD ini akhirnya aku sadar ternyata dari fgd di WOM dan Coca Cola ternyata aku suka jatuhin pendapat orang lain. Jujur aja ya guys, aku tuh terbiasa debat kusir dan kalo debat itu aku suka nyari kesalahan orang lain. HAHAHA Jangan ditiru yaa cukup aku aja yang begini, pokoknya kalau kalian FGD kalian harus aktif dan kasih kesempatan orang buat ngomong. Sanggahlah sesopan mungkin dan jangan sampai menjatuhkan pendapat orang lain.

Segitu dulu deh, besok lanjut lagi. Follow akun ig sama twitter aku ya! Kalau mau tanya- tanya juga boleh!!!!!!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Ikut Tahapan Recruitment Selama Menjadi Jobseeker Part 4!

1.     British Tobacco Indonesia - Global Graduate Program  Di tahun 2020, aku pernah apply untuk posisi ini tapi gagal di CV dan ditahun ...